NEWS UPDATE :  
SMK PGRI 1 LAMONGAN

Berita

SI "PUJA" ALAT PEMUPUKAN JAGUNG KREASI GURU SMK PGRI 1 LAMONGAN

LUAR BIASA... Satu kata untuk guru SMK PGRI 1 Lamongan yang satu ini. Misbakhul Huda, S.Pd. adalah salah satu guru Produktif Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 1 Lamongan yang berhasil menciptakan salah satu alat inovasi bidang pertanian. Si "PUJA" begitu sebutan alat tersebut yang berfungsi untuk Pemupukan Jagung Otomatis dengan sistem hidrolis.
Alat sederhana yang memanfaatkan sistem hidrolis ini diklaim mampu untuk melakukan pemupukan lahan jagung dengan cepat sehingga efisiensi waktu dan biaya dapat ditekan. "Pada waktu alat ini dioperasikan maka pada waktu melakukan tugal (Nggejik:istilah jawa) otomatis pupuk juga akan tersalurkan sehingga petani jagung tidak perlu dua kali dalam melakukan pekerjaan", jelas Huda panggilan sapaan Misbakhul Huda.
Ketika ditanya berapa estimasi biaya yang dipakai untuk membuat alat ini, Huda menjawab, "untuk membuat alat ini dibutuhkan biaya sekitar Rp. 1 juta rupiah". "Untuk kedepannya akan dikembangkan lagi fungsi dari alat ini, misalnya langsung bisa memasukkan benih ke lubang tanam jagung, sehingga petani sangat diuntungkan dengan penggunaan alat"
Semoga dengan adanya alat inovasi ini, bisa membantu para petani jagung dalam mengelola lahan jagungnya dan untuk Siswa STM sendiri bisa digunakan untuk ajang belajar dalam mengembangkan berbagai inovasi pengetahuan.