NEWS UPDATE :  
SMK PGRI 1 LAMONGAN

Berita

Kemah Ceria (KECE): Upaya Meningkatkan Minat Siswa dalam Berorganisasi

SMK PGRI 1 lamongan menggelar berbagai kegiatan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun pelajaran 2018/2019 untuk peserta didik baru. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah perkemahan. Bersama dengan ekstra kulikuler pramuka, kegiatan Perjusa (Perkemahan Jumat Sabtu) yang berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu (20-21/07/2018) berjalan sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah disusun.

            Perkemahan yang mengusung tema KECE (Kemah Ceria) ini memang sengaja dibuat untuk membuat peserta didik baru tertarik mengikuti kegiatan pramuka. Tema ini dicetuskan melihat antusias siswa semakin lama tampak menurun dalam mengikuti kegiatan kepramukaan. Seperti temanya, yaitu terdapat kata ceria, dalam kegiatan ini peserta diajak untuk bergembira dan tidak menimbulkan unsur ketegangan.

            Kegiatan Kemah Ceria (KECE) dibuka dengan upacara penerimaan tamu ambalan yang dilanjutkan dengan mendirikan tenda masing-masing kelompok dan mendapatkan materi dasar tali temali. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan jelajah di kawasan sekolah. Jelajah di sini dikemas berbeda dengan jelajah yang ada di dalam kegiatan perkemahan pada umumnya. Dalam jelajah ini, peserta diajak untuk memecahkan teka teki yang sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga kerja sama tim dan kecepatan serta ketepatan dalam berpikir sangat diutamakan. Setelah teka-teki terpecahkan, peserta diajak untuk outbond. Berbagai permainan menarik telah disiapkan, seperti permainan angka 8 dan jaring laba-laba.

            Perkemahan kali ini tidak ada kegiatan api unggun. Setelah peserta didik mendapatkan materi mengenai Dunia Usaha dan Dunia Industri oleh Bapak H. Eko P., salah satu guru SMK PGRI 1 Lamongan. Kegiatan api unggun digantikan dengan nobar (nonton bareng). Peserta diajak untuk menonton sebuah film bersama. Unsur kebersamaan sangat diutamakan dalam kegiatan ini.

            Melalui  Kemah Ceria (KECE) ini, diharapkan peserta didik baru nantinya menjadi siswa yang aktif dalam bidang akademik maupun non akademik yang ditunjukkan melalui keaktifan dalam sekolah serta dalam organisasi. (@Rizka)